Mesjid

Mesjid


Fungsi masjid yang paling utama adalah sebagai tempat beribadah umat Muslim. Konsep ini kemudian berkembang dengan memfungsikan masjid tidak hanya dijadikan tempat peribadatan, tetapi juga sebagai tempat pertemuan, menyelenggarakan pendidikan, aktivitas ekonomi, serta aktivitas yang lain. Pengembangan konsep inilah yang kini muncul di Masjid Kampus STKIP Garut. Mesjid tersebut diresmikan oleh Bapak Gubernur Jawa Barat pada bulan Juli 2012 dan diberinama Mesjid At-Tarbiyah

Masjid Kampus STKIP berlokasi di Komplek Kampus STKIP dan AMIK Garut. Pengembangan konsep masjid sebagaimana yang kini tampak pada Masjid Kampus STKIP Garut sebenarnya merupakan idealisasi dan fungsi sebenarnya dari anjuran penyebar agama Islam, Nabi Muhammad SAW. Konsep tersebut kini mulai terlihat di Masjid Kampus STKIP Garut, apalagi didukung oleh fasilitas yang memadai. Selain suasana yang kondusif, juga memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk mewujudkan konsep masjid yang ideal.

Suasana Masjid Kampus STKIP Garut memang sangat nyaman karena lingkungannya yang asri dengan banyaknya pohon, seperti pohon palem raja dan damar serta taman yang terawat rapi. Bangunan masjid yang megah dengan arsitektur yang indah menambah nyaman suasana ketika berkunjung ke masjid ini. Sarana dan prasarana pendukung dimanfaatkan secara maksimal sebagai tempat untuk pertemuan, kajian keagamaan, pendidikan, bahkan kegiatan perekonomian.

Arsitektur Masjid Kampus STKIP Garut merupakan perpaduan dari gaya arsitektur Masjid Madinah, dan Jawa.Salah satu fasilitas yang ada di Masjid  adalah ruang pertemuan yang sekaligus dapat berfungsi sebagai tempat diskusi dan kegiatan yang lain. Selain itu, halaman masjid juga dibuat sangat luas dengan fasilitas tempat parkir yang juga luas.

Para pengurus Masjid Kampus STKIP dan AMIK maupun organisasi kemahasiswaan melalui LDK STKIP Garut aktif menggelar kajian keagamaan. Salah satunya adalah kajian keagamaan yang oleh BEM STKIP Garut dan Pengajian Rutin AMIK Garut.