Ruang Pelayanan

Ruang Pelayanan

Model tata kelola yang digunakan oleh STKIP adalah sistem Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA). Dengan pembedaan karakteristik kerja sistem administrasi dan akademik, maka sistem SADA akan dapat mengakselerasi kinerja STKIP Garut. Sistem administrasi diharapkan berjalan secara efisien dan efektif dengan dilakukan kendali otoritas di tingkat sekolah tinggi, dengan menggunakan format yang seragam, apalagi jika didukung dengan computerized administration system atau on-line system.

Di bidang akademik, sistem pengelolaan akademik didesentralisasikan kepada unit pelaksana akademik, yaitu pogram studi, karena komunitas akademik pada aras tersebut adalah pihak paling kompeten di bidang keilmuannya.

Dalam sistem SADA, program studi memiliki peluang besar untuk mengembangkan kegiatan akademik, dan secara cermat mengamati prospek dan dinamika lingkungan eksternal yang terjadi, sesuai dengan lingkup disiplin ilmu yang diampu.Pengembangan ilmu pengetahuan dan dinamika eksternal setiap bidang ilmu berbeda, sehingga berbeda pula strategi untuk meresponnya. Oleh karena itu, akan sangat baik, efisien, dan berkualitas apabila kegiatan dan pengembangan akademik didesentralisasikan pada aras tersebut.

Pada tingkat institusi untuk facilitating, empowering dan enabling agar kegiatan akademik program studi dapat berjalan sesuai dengan program yang ditetapkan.

Kebijakan umum harus dikendalikan pada tingkat institusi untuk memandu agar visi dan misi STKIP Garut dapat dicapai dengan baik. Di dalam sistem SADA, apabila diperlukan maka subsidi silang akan mudah dilakukan agar seluruh program studi dapat berkembang secara bersama.